FORUM

Proses Pencabutan NPWP dan PKP

User / Member Content
Theresia

13 Jun 2017 | 15:22


Selamat siang,

Saya ingin menanyakan mekanisme proses pencabutan NPWP dan PKP apakah bisa dilakukan secara bersamaan ataukah harus melalui mekaninsme pencabutan PKP terlebih dahulu. Setelah proses pencabutan PKP selesai dan menerima surat keputusan baru kemudian proses pencabutan NPWP dapat dilakukan. Mohon pencerahannya dan dasar peraturannya.

Terima kasih.
Moderator

15 Jun 2017 | 11:07


Sesuai PER-20/PJ/2013 stdd. PER-38/PJ/2013 Pasal 9 ayat 1;
"Penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak dilakukan terhadap Wajib Pajak yang sudah tidak memenuhi persyaratan subjektif dan/atau objektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan."

Sementara itu sesuai PER-20/PJ/2013 stdd. PER-38/PJ/2013 Pasal 21, ayat 1:
"Pencabutan pengukuhan Pengusaha Kena Pajak dilakukan oleh Direktur Jenderal Pajak terhadap:...
g.Pengusaha Kena Pajak yang sudah tidak memenuhi persyaratan subjektif dan/atau objektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan."


Dapat disimpulkan bahwa pencabutan pengukuhan PKP dilakukan terhadap WP yang NPWPnya dihapuskan karena WP tersebut sudah tidak memenuhi persyaratan subjektif dan/atau objektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Dengan demikian permohonan penghapusan NPWP  dapat dilakukan sekaligus dengan pencabutan pengukuhan PKP. Bahkan, apabila WP hanya melakukan permohonan penghapusan NPWP saja, petugas pajak akan melakukan pencabutan pengukuhan PKP secara jabatan.

Referensi:
PER-20/PJ/2013
PER-38/PJ/2013