FORUM

DGT & TAX TREATY

User / Member Content
Steven

14 Jun 2017 | 15:30


Dear Pajakku,

Saya ingin menanyakan hal terkait hubungan DGT dengan Tax Treaty dan bagaimana prosedur pelaksanaannya? Jika misalkan saya memiliki penghasilan/pendapatan komisi dari negara singapura, swedia dan italia berapa tarif pajak yang harus saya bayarkan dan bagaimana proses penyampaiannya.

Mohon penjelasannya.
Terimakasih,



Steven
Moderator

19 Jun 2017 | 11:41


Dalam posting di atas ditanyakan:
1) hubungan DGT dan Tax Treaty serta prosedurnya, dan selanjutnya
2) bagaimana hubungannya dengan contoh kasus penghasilan WP DN yang diperoleh dari LN.

1) Hubungan DGT dan Tax Treaty serta prosedurnya
Sesuai PER-61/PJ./2009 stdd. PER-24/PJ./2010 Pasal 1:
"Surat Keterangan Domisili yang selanjutnya disebut SKD (Form-DGT 1/ Form-DGT 2) adalah formulir yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak yang telah diisi dengan lengkap dan telah ditandatangani oleh WPLN, serta telah disahkan oleh pejabat pajak yang berwenang di negara mitra P3B."

Selanjutnya, dalam Pasal 3:
"Pemotong/Pemungut Pajak [WP DN] harus melakukan pemotongan atau pemungutan pajak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam P3B, dalam hal:
a. Penerima penghasilan bukan Subjek Pajak dalam negeri Indonesia,
b. Persyaratan administratif [SKD (Form-DGT 1/ Form-DGT 2)] untuk menerapkan ketentuan yang diatur dalam P3B telah dipenuhi; dan ..."


Dengan demikian, Form-DGT 1/ Form-DGT 2 digunakan dalam rangka penerapan P3B dalam rangka penerapan P3B atas pemungutan/ pemotongan PPh oleh WP DN atas penghasilan yang diperoleh oleh WP LN.

Tatacara penerapan P3B dapat dilihat pada Lampiran I PER-61/PJ./2009.

2) Hubungan DGT dan Tax Treaty dengan contoh kasus penghasilan WP DN yang diperoleh dari LN.
Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa Form-DGT 1/ Form-DGT 2 digunakan dalam rangka penerapan P3B atas pemungutan/ pemotongan PPh oleh WP DN atas penghasilan yang diperoleh oleh WP LN. Sehingga, Form-DGT 1/ Form-DGT 2 tidak ada hubungannya dengan penghasilan yang diperoleh oleh WP DN.
 
Jadi, mohon diklarifikasi apakah DGT yang dimaksud pada soal adalah SKD yang diterbitkan oleh otoritas pajak Luar Negeri.