Berita

Daulat.co – Wakil Ketua Komisi XI DPR Achmad Hafisz Tohir mengapresiasi kinerja penerimaan pajak dan retribusi wilayah Sumatera Selatan yang telah mencapai 96 persen.

Kalau melihat pelaksanaan perpajakan di Sumsel, kata Hafisz, ada tren peningkatan penerimaan tahun ini dibanding 2018. “Tren positif ini kita harap terus berlanjut,” jelas Hafisz dikutip laman dpr.go, usai kunjungan kerja Komisi XI di Palembang, Sumsel, Senin (04/02/2019).

Hafisz juga mengapresiasi penerimaan pajak yang cukup tinggi pada tahun 2018 karena adanya reformasi struktur perpajakan.

“Artinya secara IT sudah lebih baik dari sebelumnya, hanya jangan sampai pembayar pajak kebingungan di mana ia akan menyetorkan komoditas dan pajak yang ia setorkan. Ini yang harus diberikan sosialisasi kepada masyarakat luas,” jelasnya.

Politikus PAN ini mengingatkan, penerimaan pajak tentunya harus berbanding lurus dengan program kerakyatan di daerah. Pajak membawa manfaat untuk masyarakat, selain pemerataan pembangunan juga menciptakan lapangan pekerjaan.

Di sisi lain, Hafisz mengingatkan agar program pemerintah untuk menargetkan penerimaan pajak tidak memberatkan dunia usaha dan masyarakat. Dengan demikian ada situasi kondusif yang sinergis antara dunia usaha dan pendapatan daerah.

Selain mengunjungi Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi Sumsel, Tim Kunker Komisi XI DPR RI juga meninjau barang sitaan Bea Cukai di Pelabuhan Boom Baru,  Palembang.

sumber