Berita

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Bandung menggelar Tax Gathering dengan tema "Apresiasi dan Inspirasi Bagi Kontributor Negeri" di Grand Ballroom Trans Luxury Bandung, Rabu (10/4/2019).
 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Bandung menggelar Tax Gathering dengan tema "Apresiasi dan Inspirasi Bagi Kontributor Negeri" di Grand Ballroom Trans Luxury Bandung, Rabu (10/4/2019).

Acara ini tidak saja membangun sinergi serta komunikasi dengan para wajib pajak maupun stake holder tapi juga mengajak semua wajib pajak untuk turut serta membangun negeri melalui ketaatan atau kepatuhan dalam perpajakan.

 

Neilmaldrin Noor, Kepala Kanwil DJP Jabar I mengatakan acara ini juga untuk mendekatkan KPP Madya Bandung dengan stake holder, salah satunya adalah para wajib pajak.

Dengan acara ini diharapkan dapat membangun komunikais dengan wajib pajak menjadi lebih baik.

"Karena perpajakan merupakan tanggung jawab bersama. Kami di Direktorat Jenderal Pajak sebagai pelayan masyarakat sekaligus sebagai pelayan dari wajib pajak berupaya agar wajib pajak bisa memenuhi kewajiban pajaknya secara baik dan benar," katanya.

Ia juga mengatakan, pada tahun 2019 ini, KPP Madya Bandung mendapat amanah untuk menghimpun penerimaan pajak sebesar Rp 13,45 triliun atau 38,7% dari total target penerimaan pajak Kanwil DJP Jawa Barat I sebesar Rp 34,79 triliun.

Sampai dengan akhir triwulan I/2019, realisasi penerimaan KPP Madya Bandung telah mencapai Rp. 2,59 triliun atau tumbuh positif sebesar 11,34% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 2,32 triliun.

Karena itu, pihaknya mengharapkan pula dukungan dari Wajib Pajak agar target penerimaan tahun 2019 KPP Madya Bandung dapat tercapai. Harapan laian, para wajib pajak bisa segera memperhatikan dan mentuntaskan kewajiban tahun pajak 2018

"Persiapkan dengan baik semua data pembukuan dan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk penyusunan laporan keuangan dan pelaporan SPT Tahunan tahun pajak 2018 perusahaan Bapak maupun Ibu," katanya.

Menurutnya, sejalan dengan makin meningkatnya amanah target penerimaan pajak setiap tahun, maka DJP terus melakukan perubahan yang diwujudkan dengan Reformasi Perpajakan.

Beberapa langkah yang telah ditempuh antara lain adalah : Joint Program DJP-DJBC. Ruang lingkup kerjasama meliputi Joint analysis dan operation (termasuk didalamnya joint profile, joint proses bisnis, joint audit dan joint investigation), joint collection, dan secondment. Realisasi program ini di Kanwil DJP Jawa Barat I mencapai Rp 254 miliar.

Kewenangan akses data keuangan yang dimiliki oleh Lembaga Keuangan dengan berlakunya kesepakatan Automatic Exchange of Information (AEoI) sejak 2018.

Melalui UU No. 9 Tahun 2017 tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan, Pemerintah menetapkan cara untuk melakukan pertukaran informasi perpajakan dengan otoritas pajak di negara lain, yaitu berdasarkan permintaan dan secara otomatis.

Dalam regulasi lebih lanjut, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah menetapkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 39/PMK.03/2017 tentang Tata Cara Pertukaran Informasi Berdasarkan Perjanjian Internasional yang diteken pada 3 Maret 2017.

Dalam beleid tersebut, dinyatakan bahwa Dirjen Pajak berwenang mendapatkan akses informasi keuangan untuk pelaksanaan perjanjian internasional dan pelaksanaan ketentuan peraturan perpajakan.Proses matching data antara basis data DJP dengan data pihak ketiga dan data dari instansi baik Pemerintah maupun swasta, antara lain data izin usaha ( Data ILAP dari Pemerintah Daerah), izin pertambangan, perkebunan, dan kehutanan, IMB, kepemilikan tanah, kendaraan bermotor, Hotel, dan restoran, serta registrasi produk obat dan makanan.

Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) yang merupakan sinergi dengan Kementrian Dalam Negeri. yang pelaksanaannya oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMP2TSP), Pemerintah Kota/Kabupaten dengan Kantor Pelayanan Pajak Setempat. KSWP sendiri dikenal dengan “Implementasi Tax Clearence atas Pelayanan Publik”. (siti fatimah)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Ajak Wajib Pajak Turut Serta Membangun Negeri, KPP Madya Bandung Gelar Tax Gathering, http://jabar.tribunnews.com/2019/04/10/ajak-wajib-pajak-turut-serta-membangun-negeri-kpp-madya-bandung-gelar-tax-gathering?page=3.
Penulis: Siti Fatimah
Editor: Dedy Herdiana