Berita

TASIK – Memberikan pelayanan yang lebih dekat, Kantor Pelayanan Pratama (KPP) Pratama Tasikmalaya membuka Pos Pelayanan Pajak Ciawi. Kantor yang beralamat di Jalan Raya Ciawi No 101 Pakemitan Kidul Ciawi Kabupaten Tasikmalaya tersebut diresmikan oleh Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat 1 Neilmaldrin Noor Jumat (12/4).

“Pembukaan Pos Pelayanan Pajak Ciawi ini menjawab aspirasi masyarakat wajib pajak (WP) Tasikmalaya bagian utara meliputi Kecamatan Ciawi, Kadipaten, Pagerageung, Sukaresik, Jamanis dan Sukahening,” kata Neil. Selama ini, sambungnya, mereka mengalami kendala waktu dan jarak dalam mengakses layanan perpajakan.

“Misalnya WP dari Kadipaten harus menempuh jarak sekitar 50 KM atau perjalanan 1 hingga 2 jam untuk berkunjung ke KPP Pratama Tasikmalaya yang beralamat di Jalan Sutisna Senjaya Kota Tasikmalaya,” ujarnya.

Dengan kendala jarak ini, sambungnya, penerimaan pajak untuk Tasik Utara ini belum optimal. Padahal, potensi perpajakannya bagus. “Pada tahun 2018, penerimaan pajak dari enam Kecamatan di Tasik Utara ini terhimpun Rp 22,8 miliar, kontribusinya 3 persen dari penerimaan pajak KPP Pratama Tasikmalaya,” terangnya.

Dari 21.076 WP terdaftar di Tasik Utara, baru 5.707 WP yang lapor dan 1.140 WP yang bayar. “Dengan dibukanya Pos Pelayanan Pajak Ciawi diharapkan bisa meningkatkan kepatuhan dan kesadaran pajak masyarakat Tasik Utara,” harapnya.

Kepala KPP Pratama Tasikmalaya Erry S Dipawinangun mengatakan Pos Pelayanan Pajak Ciawi merupakan pos pelayanan kedua setelah sebelumnya dibuka Pos Pelayanan Pajak Bantarkalong. “Hal ini sebagai upaya kantor pajak untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan perpajakan,” ujarnya.

Layanan perpajakan di Pos Pelayanan Pajak Ciawi meliputi pendaftaran NPWP, perubahan data WP, pemindahan WP, penghapusan NPWP, pelaporan SPT Masa, Pelaporan SPT Tahunan dan EFIN. “Tersedia juga help desk sebagai tempat bagi masyarakat untuk berkonsultasi tentang perpajakan. Ada juga kelas pajak yang memberikan edukasi perpajakan,” terangnya.

Camat Jamanis H Kurman menyambut baik adanya Pos Pelayanan Pajak Ciawi karena bisa memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan perpajakan. “Pajak ini merupakan pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga partisipasi masyarakat dalam perpajakan sangat penting,” katanya.

Makanya ia menghimbau masyarakat untuk memanfaatkan layanan Pos Pelayanan Pajak Ciawi. “Mari kita menjadi masyarakat yang taat pajak, hitung dan laporkan pajak secara benar,” ajaknya. (na)

sumber