FORUM

Penghitungan PPN PKP Baru

User / Member Content
Pras Putra

30 Nov 2018 | 09:47


Dear Admin,

Begini kasusnya, perusahaan saya baru terdaftar PKP pada tanggal 28 Agustus 2018 dan dikarenakan sesuatu hal E-fakur baru bisa digunakan pada bulan November ini. Bagaimana cara bayar PPN untuk masa Agustus s.d Oktober 2018? dan kita charge ke customer tanpa PPN, bagaimana cara penghitungan PPN nya?

Terima kasih
Moderator

03 Dec 2018 | 07:34


Faktur Pajak diterbitkan sesegera mungkin setelah mendapatkan nomor eFaktur. Perhitungan PPN-nya sama dengan perhitungan PPN biasa, yaitu 10% dari Dasar Pengenaan Pajak (DPP).

Namun, berhubung FP diterbitkan terlambat maka akan timbul sanksi administrasi berupa denda sebesar 2% (dua persen) dari Dasar Pengenaan Pajak. Dasar hukumnya adalah sebagai berikut
Pasal 14 ayat (1) Huruf d UU KUP:
(1) Direktur Jenderal Pajak dapat menerbitkan Surat Tagihan Pajak apabila:
pengusaha yang telah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak, tetapi tidak membuat faktur pajak atau membuat faktur pajak, tetapi tidak tepat waktu;

Selanjutnya, ayat (4):
(4) Terhadap pengusaha atau Pengusaha Kena Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf d, huruf e, atau huruf f masing-masing, selain wajib menyetor pajak yang terutang, dikenai sanksi administrasi berupa denda sebesar 2% (dua persen) dari Dasar Pengenaan Pajak.
Pras Putra

05 Dec 2018 | 15:01


Terima kasih admin informasinya