FORUM

WNI bekerja di luar negeri

User / Member Content
Dea Putri

26 Feb 2019 | 21:18


Yth Bapak/Ibu,

Saya adalah warga negara Indonesia yang sudah selama 6 tahun terakhir bertempat tinggal tetap di Belgia dan selama 5 tahun terakhir bekerja dan menjadi pembayar pajak di Belgia. Pada sekitar tahun 2016/2017, NPWP saya sudah dinon-aktifkan karena saya sudah tidak bertempat tinggal tetap, berpenghasilan tetap, dan membayar pajak di Indonesia lagi. Namun saya ingin tahu apakah jika saya ingin mengirimkan uang kepada orang tua saya (yang mana beliau masih bertempat tinggal di Indonesia, memiliki NPWP aktif namun tidak berpenghasilan aktif), maka uang tersebut akan dikenakan pajak kepada orang tua saya? Dan bagaimana pelaporan untuk kasus tersebut di atas?

Terima kasih sebelumnya,

Dea
Moderator

27 Feb 2019 | 18:14


Sesuai dengan Pasal 4 ayat (3) UU PPh:

Yang dikecualikan dari objek pajak adalah:

  1. A. bantuan atau sumbangan, termasuk zakat yang diterima oleh badan amil zakat atau lembaga amil zakat yang dibentuk atau disahkan oleh pemerintah dan yang diterima oleh penerima zakat yang berhak atau sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia, yang diterima oleh lembaga keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh pemerintah dan yang diterima oleh penerima sumbangan yang berhak, yang ketentuannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Pemerintah; dan
  1. harta hibahan yang diterima oleh keluarga sedarah dalam garis keturunan lurus satu derajat, badan keagamaan, badan pendidikan, badan sosial termasuk yayasan, koperasi, atau orang pribadi yang menjalankan usaha mikro dan kecil, yang ketentuannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan.

Dengan demikian, harta hibahan yang diterima orang tua dari anak kandungnya secara umum bukan objek PPh atau tidak dikenakan Pajak Penghasilan (PPh). Penghasilan tersebut dilaporkan oleh penerima hibah pada bagian "Penghasilan yang Bukan Merupakan Objek Pajak Penghasilan" pada SPT 1770/ 1770S/ atau 1770SS.