FORUM

SPT TAHUNAN UNTUK UKM

User / Member Content
esti

02 Mar 2019 | 13:33


Selamat siang,,

SPT tahunan untuk wp yg punya usaha ukm itu, pake form yang mana ya?
penghasilannya sudah dipotong dan dibayarkan sebesar 1% per bulannya, apakah kewajiban lapornya tahunan saja apa ada wajib lapor bulanan atau masa? 
terima kasih atas jawabannya. 
Moderator

06 Mar 2019 | 07:57


Sesuai dengan ketentuan, Formulir SPT Pajak Penghasilan UMKM untuk Wajib Pajak Orang Pribadi adalah Formulir 1770 dan untuk Wajib Pajak Badan adalah Formulir 1771.

Sesuai dengan Pasal 4 ayat (4), (5) dan (6) PMK-99/PMK.03/2018:

(4)          Wajib Pajak yang melakukan penyetoran Pajak Penghasilan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a wajib menyampaikan Surat Pemberitahuan Masa Pajak Penghasilan paling lama 20 (dua puluh) hari setelah Masa Pajak berakhir.

 (5)         Wajib Pajak yang telah melakukan penyetoran Pajak Penghasilan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dianggap telah menyampaikan Surat Pemberitahuan Masa Pajak Penghasilan sesuai dengan tanggal validasi Nomor Transaksi Penerimaan Negara yang tercantum pada Surat Setoran Pajak atau sarana administrasi lain yang dipersamakan dengan Surat Setoran Pajak.

(6)          Dalam hal Wajib Pajak tidak memiliki peredaran usaha pada bulan tertentu, Wajib Pajak tidak wajib menyampaikan Surat Pemberitahuan Masa.

Dengan demikian, Wajib Pajak UMKM tidak perlu melakukan pelaporan setiap masa. Akan tetapi, sesuai dengan ketentuan, Wajib Pajak tetap diwajibkan melakukan pelaporan SPT Tahunan.