FORUM

pengisian status perpajakan suami istri di formulir 1770 S

User / Member Content
dewi

11 Mar 2019 | 16:17


Dear support pajakku,
Jika Suami dan Istri yg hidup bersama masing masing mempunyai NPWP tersendiri,  melaporkan perpajaknya masing masing, tanpa ada surat pemisahan harta . 
untuk pengisian lembar spt tahunan OP 1770 S dimana ada barisan status kewajiban perpajakan suami istri yang mau diisikan (KK / HB/ PH/MT )

bagaimana pencontengan kolom KK/ HB / PH/ MT untuk Suami 
dan bagaimana juga pencontengan kolom KK/ HB / PH/ MT untuk Istri.

terima kasih.
Moderator

14 Mar 2019 | 18:25


Sesuai dengan Lampiran II PER-19/PJ/2014:

penghasilan yang dikenai Pajak Penghasilan adalah penghasilan dari seluruh anggota keluarga Wajib Pajak yang digabungkan sebagai satu kesatuan dan pemenuhan kewajiban pajaknya dilakukan oleh Wajib Pajak sebagai kepala keluarga.

Penghasilan suami-isteri akan dikenai pajak secara terpisah apabila:
a. suami-isteri telah hidup berpisah berdasarkan putusan hakim (HB);
b. dikehendaki secara tertulis oleh suami-isteri berdasarkan perjanjian pemisahan harta dan penghasilan (PH); atau
c. dikehendaki oleh isteri yang memilih untuk menjalankan hak dan kewajiban perpajakannya sendiri (MT).

Atas ketiga keadaan tersebut, pemenuhan kewajiban pajaknya dilakukan masing-masing oleh suami dan isteri secara terpisah. Dalam hal ini, isteri memiliki kewajiban mendaftarkan diri untuk diberikan NPWP sehingga menjadi Wajib Pajak Orang Pribadi tersendiri.
Besarnya Pajak Penghasilan yang harus dilunasi oleh masing-masing suami-isteri dengan status perpajakan PH atau MT sebagaimana dimaksud huruf b dan c adalah Pajak Penghasilan berdasarkan penggabungan penghasilan neto suami-isteri yang kemudian dihitung secara proporsional sesuai dengan perbandingan penghasilan neto mereka.

Dalam hal suami-isteri telah hidup berpisah berdasarkan putusan hakim (HB) sebagaimana dimaksud huruf a, penghitungan Penghasilan Kena Pajak dan pengenaan pajaknya dilakukan sendiri-sendiri.

Apabila seorang anak yang belum dewasa, yang orang tuanya telah berpisah, menerima atau memperoleh penghasilan, pengenaan pajaknya digabungkan dengan penghasilan ayah atau ibunya berdasarkan keadaan yang sebenarnya.

Sesuai dengan informasi yang disampaikan di atas, maka status pada SPT Suami dan Istri adalah MT atau menjalankan hak dan kewajiban perpajakannya sendiri. Dengan demikian besarnya Pajak Penghasilan yang harus dilunasi oleh masing-masing suami-isteri adalah Pajak Penghasilan berdasarkan penggabungan penghasilan neto suami-isteri yang kemudian dihitung secara proporsional sesuai dengan perbandingan penghasilan neto mereka.

Contoh perhitungan dapat dilihat pada Lampiran II PER-19/PJ/2014 (halaman 35).