FORUM

E FAKTUR

User / Member Content
Putri Komariah

06 Apr 2019 | 12:49


Selamat siang,
saya mau nanya yang di aplikasi e faktur, di faktur pajak keluaran (status sudah Approval sukses) apakah bisa dibatalkan e faktur dan dihapus???

terima kasih.
Supri396

06 Apr 2019 | 16:18


Tidak bisa dihapus, namun bisa dibatalkan rekan.

Dengan ketentuan, lawan transakasi (PKP Pembeli) blm mengkreditkan faktur pajak tersebut, atau jika faktur pajak telah dikreditkan oleh lawan transaksi (PKP Pembeli), maka lawan transaksi (PKP Pembeli) harus membatalkan faktur pajak tersebut terlebih dahulu.

Faktur Pajak yang telah dibatalkan akan tetap muncul di SPT PPN dengan nominal 0.

Btw, yuk mampir kepostingan saya : https://pajakku.com/page/thread/381/pertukaran-informasi-keuangan-secara-otomatis-pengumpulan-data-penelitian-ilmiah

Mohon partisipasinya untuk mengisi kuesioner penelitian saya :  https://forms.gle/8rmEAgXnpiB3cZjo9

Mohon partisipasinya ya rekan
Putri Komariah

09 Apr 2019 | 08:52


kalau misalkan pembeli sudah di kreditkan tapi sudah terlanjur dibatalkan fakturnya nantinya gimana ya?
Suprianto

10 Apr 2019 | 21:58


Dear Ibu Putri, 


Kalau si pembeli sudah mengkreditkan, tidak mungkin pkp penjual bisa membatalkan, nanti ada muncul semacam notifikasi di aplikasi efakturnya.
Btw, Mohon partisipasinya untuk mengisi kuesioner penelitian saya :  https://forms.gle/8rmEAgXnpiB3cZjo9


Terimakasih
Chandra

20 Apr 2019 | 09:12


Dear rekan pajakku

mohon bantuannya karena saya masih awam tentang pajak, kemarin saya nerbitkan faktur bulan maret dengan kode seri 010 dan sudah saya upload. ternyata pembeli mau bayar pajaknya sendiri melalui ebiling namun salah karena penyetor dan disetor atas namanya sendiri (Bend Bos sd), dan harusnya kode seri fakturnya 020 bukannya ya rekan? atau 030? kalau kode serinya salah maka saya harus terbitkan faktur pengganti dan faktur pengganti beda bulan bagaimana perlakuannya pada SPT Masa PPnnya ?

lalu atas kesalahan pembeli membayarkan pajak maka saya harus melakukan pbk, apakah pbk bisa dilakukan oleh penjual ? dikarenakan pihak sd tidak mengerti pajak tapi ingin bayar pajaknya sendiri.
mohon dibalas, karena saya sangat bingung.

terimakasih <3