FORUM

Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP)

User / Member Content
Nick-Nicolaus

07 Sep 2017 | 21:46


Dear Pajakku,

Apakah WP dapat menggunakan Standar Akuntansi Keuangan selain dari PSAK (misalnya Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik - SAK ETAP, atau SAK lainnya) untuk tujuan Pembukuan Fiskal? Terima Kasih
Moderator

08 Sep 2017 | 23:22


Sesuai Penjelasan Pasal 28 ayat (7)  Undang-undang Ketentuan Umum Perpajakan (KUP), pembukuan harus diselenggarakan dengan cara atau sistem yang lazim dipakai di Indonesia, misalnya berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan, kecuali peraturan perundang-undang perpajakan menentukan lain.

Sementara itu ada 4 (empat) Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku di Indonesia, antara lain:
1. Standar Akuntansi Keuangan (SAK)
2. Standar Akuntansi Keuangan Badan Usaha Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP)
3. Standar Akuntansi Keuangan Syariah (SAK Syariah)
4. Standar Akuntansi Pemerintah (SAP)

UU KUP tidak secara spesifik menyebutkan SAK mana yang harus diterapkan oleh Wajib Pajak. Dengan demikian, Wajib Pajak dapat memilih menggunakan salah satu dari SAK sepanjang memenuhi kriteria masing-masing SAK.

Contoh: SAK-ETAP hanya dapat digunakan oleh WP  entitas yang tidak memiliki akuntabilitas publik signifikan; dan menerbitkan laporan keuangan untuk tujuan umum (general purpose financial statement) bagi pengguna eksternal. Contoh pengguna eksternal adalah pemilik yang tidak terlibat langsung dalam pengelolaan usaha, kreditur, dan lembaga pemeringkat kredit.
 
Referensi:
  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara sttd. Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2009
  2. http://iaiglobal.or.id/v03/standar-akuntansi-keuangan/home