FORUM

Penggantian tanggal Faktur Pajak. Penerbit Nota Retur.

User / Member Content
Suprianto

17 Oct 2017 | 11:30


Dear Pajakku,

1.   PT. A menerbitkan Faktur Pajak beserta Invoice pada masa 31 Maret 2017 dengan dasar "email pemesanan" yang diterima dari PT. B. Kemudian pada bulan April, PT. B baru menerbitkan "Purchase Order", dan meminta agar tanggal faktur pajak tersebut dirubah ke masa April. Bagaimana perlakuan untuk Faktur Pajak yang telah diterbitkan tersebut?
2.  Apakah Penjual berhak untuk menerbitkan Nota Retur?

Mohon pencerahannya

Terimakasih
Moderator

17 Oct 2017 | 19:49


1. Pada dasarnya, tanggal penerbitan Faktur Pajak (FP) adalah tanggal mana yang lebih dahulu antara penyerahan ataupun pembayaran. Tidak ada kewajiban pembuatan FP pada saat pemesanan (Purchase Order).
 
Dalam hal tanggal FP tidak sesuai dengan ketentuan di atas, dapat dilakukan penggantian FP (kode Faktur 0X1) dengan mengganti tanggal penerbitan FP.

2. Sesuai Pasal 2 ayat (1) UU PPN

"Dalam hal Barang Kena Pajak yang diserahkan ternyata dikembalikan (retur) oleh Pembeli, Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah dari Barang Kena Pajak yang dikembalikan tersebut dapat mengurangi Pajak Keluaran dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah yang terutang oleh Pengusaha Kena Pajak Penjual."

dan Pasal 4 ayat (1)

"Dalam hal terjadi Pengembalian Barang Kena Pajak ...., Pembeli harus membuat dan menyampaikan nota retur kepada Pengusaha Kena Pajak Penjual.

Dengan demikian retur hanya dapat dilakukan hanya jika dalam keadaan sebenarnya terdapat pengembalian. Kemudian, Nota Retur diterbitkan oleh Pembeli, bukan oleh PKP Penjual."

Referensi
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1983 Tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang Dan Jasa Dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Sebagaimana Telah Beberapa Kali Diubah Terakhir Dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2000